Ketika dihadapkan pada pilihan pemanis alami atau buatan, sering kali bingungĀ  menentukan mana yang lebih sehat. Alami belum tentu sehat, sedangkan buatan sudah pasti banyak memiliki kekurangan. Gula dan madu adalah dua pemanis yang sering digunakan dalam berbagai olahan makanan, tapi manakah yang lebih sehat antara madu dan gula?

Saat ini, madu sering dijadikan sebagai pemanis yang lebih sehat ketimbang gula pasir. Jika dibandingkan dengan gula pasir atau gula cair yang telah banyak melalui tahapan proses dalam pembuatannya, madu alami memang menjadi alternatif yang lebih baik. Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang anjuran untuk mengurangi gula harian, sehingga alih-alih menggunakan gula, Anda menambahkan madu sebagai pemanis minuman Anda.

Madu atau gula sama-sama termasuk jenis pemanis alami yang sering digunakan untuk membuat makanan atau minuman memiliki rasa manis. Pada dasarnya, madu atau gula juga mempunyai kandungan yang sama, yaitu terdiri dari fruktosa dan glukosa. Meski kadar kedua jenis karbohidrat tersebut berbeda di dalam madu dan gula.

Madu memiliki sekitar 40% fruktosa dan 30% glukosa. Sementara gula mengandung 50% fruktosa maupun glukosa. Gula yang banyak digunakan saat ini termasuk jenis sukrosa yang diproses oleh insulin. Pankreas merupakan organ yang bertugas memproduksi hormon ini. Namun memang, nilai indeks glikemikĀ pada gula sedikit lebih tinggi ketimbang madu, karena gula memiliki kandungan glukosa yang lebih tinggi. Tetapi hal tersebut tak membuat keduanya jauh berbeda

Sedangkan jika dilihat dari nilai gizi, gula dan madu memiliki jumlah kalori yang hampir sama. Dalam satu sendok makan gula terdapat 49 kalori dan 12,6 gram karbohidrat. Sedangkan dalam satu sendok teh madu, terdapat 64 kalori dan 17,3 gram karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi gula atau madu dalam jumlah yang kecil, perbedaannya tidak akan terasa, tetapi jika mengonsumsinya dalam jumlah besar, sangat disarankan memilih madu sebagai pemanis karena madu memiliki jumlah kalori dan karbohidrat yang lebih banyak daripada gula.

Madu dan gula, keduanya memiliki peran masing-masing untuk kesehatan tubuh manusia. Konsumsi dengan takaran yang pas, akan membuat keduanya memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

 

Tanya ke WA