Ruqyah seringkali diartikan sebagai metode penyembuhan terhadap gangguan jin dengan bacaan Al Quran. Namun hati-hatilah terjerumus ke dalam kesyirikan  jika tidak sesuai dengan syariat yang diajarkan.

Dalam bahasa Arab, ruqyah berarti metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada objek yang akan disembuhkan. Penyakit yang akan disembuhkan itu bisa karena ‘ain (mata hasad), sengatan hewan, racun/bisa, sihir, gila kerasukan dan gangguan jiwa. Membacakan sesuatupun ternyata tidak selalu bacaan Al Quran. Inilah yang membedakan antara ruqyah syar’iyyah dan syirkiyyah.

Peruqyah syariah seharusnya bertindak sebagai dokter, dia harus bisa mendiagnosa penyakit pasiennya. Apakah memang penyakit medis, gangguan jin, gangguan sihir atau terkena penyakit ain. Peruqyah harus bisa mendakwahi pasien agar meluruskan aqidahnya dan membentengi diri dari masuknya jin. Obat apa yang cocok bagi pasiennya atau ayat apa yang cocok sebagai obat pasiennya dengan dosis yang tepat.

Dalam mengobati pasiennya, peruqyah syariah menggunakan ayat-ayat Al Qur’an. Al Quran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Alhamdulillah meskipun beliu sudah meninggal dunia mukjizat ayat Al Qur’an bisa disaksikan dan dibuktikan oleh siapapun. Salah satu bukti mukjizat Al Qur’an adalah ayat Al Qur’an bisa untuk meruqyah (mengobati) orang yang terkena sihir atau penawar sihir dan bisa untuk mengusir jin dari rumah

Dilansir dari situs terapiislam.com menyebutkan beberapa ayat- ayat Al Quran yang bisa diamalkan sebagai benteng diri, yaitu:

  1. Surat al Fatihah atau biasa disebut sebagai Ummul Kitab. Surat ini dikenal sebagai penawar seribu guna. Surat ini biasa dibaca setelah sholat fardhu dan tetapkan niat kita agar Allah subhanahu wa ta’ala melindungi kita dari gangguan jin dan setan.
  2. Al- Mu’awwizat adalah sebutan dari surat yang biasa dipanggil sebagai 3 Qul. Mereka terdiri dari Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naa Ketiga surat tersebut sering diamalkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap malam atau menjelang tidur. Manfaat dari ketiga surat ini yaitu sebagai pendingin dari gangguan jin dan syaitan sampai saat bangun tidur.
  3. Ayat Kursi, mempunyai fungsi yang sama dengan Al- Mu’awwizat. Lebih afdhal jika dibaca selepas shalat subuh dan ashar.
  4. Surat Yasin ayat 1-9 yang berfungsi sebagai benteng diri dan pendingin kediaman rumah kita.

Keempat surat di atas, alangkah baiknya jika kita senantiasa mengamalkannya setiap hari agar terhindar dari segala gangguan jin, setan ataupun sihir.

Tanya ke WA