Di awal tahun seperti sekarang ini, pasti ada banyak sekali rencana liburan spesial yang telah singgah di kepala Anda, bukan? Meski begitu, terkadang saat rencana liburan telah matang, tiket sudah ada di genggaman, hingga outfit cool pun telah Anda persiapkan, tak disangka tamu bulanan justru hadir sehingga membuat Anda menyiapkan segala keperluan menstruasi. Ternyata ada beberapa cara jitu untuk menunda menstruasi. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menikmati liburan Anda secara penuh. 

  1. Mengonsumsi air perasan lemon

Dikenal dengan khasiatnya yang baik bagi tubuh dan kaya akan vitamin C, lemon juga memegang peranan penting bagi Anda yang ingin menunda menstruasi. Kandungan asam dalam lemon mampu mendetoks tubuh serta membantu agar lapisan terus cepat luntur. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi air putih dengan perasan lemon.

  1. Jangan mengonsumsi rempah-rempah berlebih

Rempah – rempah memang menghasilkan cita rasa makanan yang tinggi dan menggungah selera. Jika ingin menunda haid, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dengan aneka rempah – rempah. Jajanan di luar rumah, terlebih di restauran selalu menggunakan rempah- rempah untuk menambah kelezatan makanan. Sebaiknya masak sendiri makanan di rumah agar lebih sehat dan sesuai kebutuhan, serta memperlambat datangnya haid.

  1. Hindari makan makanan pedas

Kalau Anda termasuk pecinta makanan pedas, ini saatnya untuk mulai menghindari makanan tersebut ketika hendak menunda menstruasimuBeberapa riset menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan pedas ternyata mampu menghasilkan panas yang menstimulasi masa periode Anda.

  1. Olahraga dengan intensitas tinggi

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin. Namun ada beberapa jenis olahraga yang jika dilakukan secara berlebihan malah akan menjadi cara alami untuk menunda terjadinya haid. Memang diperlukan olahraga yang ekstrim tentunya seperti naik gunung, berenang, senam dengan gerakan berlebih atau beladiri. Stres fisik yang ditandai dengan kelelahan dapat mempengaruhi homon bekerja tidak seimbang di dalam tubuh Anda. Namun jangan lakukan kegiatan ini terlalu sering, agar tubuh Anda tidak bekerja secara berlebihan.

5.  Minum pil KB kombinasi

Cara menunda haid satu ini dilakukan apabila sebelumnya Anda memang sudah rutinminum pil KB. minum pil kombinasi. Cukup minum pil yang aktif saja, sementara pil kosongnya (plasebo) tidak usah diminum. Jika Anda terus minum pil yang aktif dalam kurun waktu beberapa hari, maka siklus haid Anda akan terhenti. Haid Anda akan lanjut kembali seperti biasa jika Anda berhenti minum pil aktif.

Agar Anda tahu pasti mana pil yang asli dan yang kosong, konsultasi dulu ke dokter atau apoteker. Beri tahu kepada mereka bahwa Anda akan melakukan perjalanan panjang sehingga perlu menunda menstruasi sementara. Yang perlu diketahui, umumnya setelah berhenti minum pil aktif Anda akan mengalami flek darah dan ini normal. Meski demikian, beberapa wanita mungkin justru mengeluarkan darah yang terlalu banyak. Jika sudah begini, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter mungkin akan mengganti resep pil KB Anda dengan jenis pil lain.

Jangan asal minum obat-obatan yang mengandung hormon hanya untuk menunda haid. Jika Anda tetap melakukannya, bukan tidak mungkin siklus menstruasi Anda justru jadi kacau dan bahkan bisa berimbas pada kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya Anda tetap mempersiapkan pembalut atau tampon. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda haid, Anda tak perlu lagi panik. Bawa juga perlengkapan dengan seperlunya. Serta jangan lupa konsumsi Madu Ruqyah Syar’iyyah (MARSYA) agar tubuh Anda tetap fit sepanjang hari.

Tanya ke WA