Madu Ruqyah – Bangun di pagi hari merupakan salah satu gaya hidup sehat dan memiliki banyak manfaat. Untuk para pekerja, bangun di pagi hari bukanlah hal yang sulit dilakukan, terlebih lagi jika mereka harus mengejar jadwal kereta atau bus yang digunakan sebagai transportasi. Namun, jangan hanya karena alasan ini saja Anda bangun pagi. Karena bangun pagi memiliki manfaat untuk kehidupan kita.

Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar terbiasa bangun pagi, seperti memasang alarm di ponsel dengan suara kencang. Namun sayangnya, cara itu seringkali tidak berhasil. Setelah alarm berbunyi, banyak yang kembali tidur. Jika di pagi hari Anda sering melakukan hal tersebut, Anda tidak sendirian karena memang ada banyak orang yang merasa kesulitan untuk bangun pagi.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika rutin bangun pagi.

  1. Saat mulai mencoba bangun di pagi hari maka tubuh akan terasa lebih segar. Ini dikarenakan tubuh menghirup udara segar yaitu oksigen yang belum tercampur polusi udara, seperti asap dari kendaraan atau limbah pabrik.
  2. Bangun pagi memungkinkan untuk menghirup udara segar dan olahraga. Selain sore hari, pagi hari merupakan salah satu waktu yang disarankan untuk berolahraga. Rutin berolahraga memberi manfaat yang sangat besar untuk kesehatan fisik dan mental tubuh, yaitu mengurangi berat badan, membangun dan menjaga esehatan tulang dan otot, meningkatkan energi, mengurangi risiko penyakit kronis, memperlancar peredaran darah, memperlambat penuaan, menjaga kesehatan otak, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  3. Orang yang bangun pagi akan lebih bahagia Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi, melainkan membuat suasana hati seseorang lebih bahagia secara umum setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi. Sementara anak-anak muda dan dewasa yang sering bekerja dan bermain hingga larut malam, dan jarang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.
  4. Bangun pagi diduga bisa membuat seseorang lebih proaktif, sekaligus bisa mengantisipasi masalah yang akan terjadi dan berusaha untuk meminimalisir masalah tersebut.
  5. Produktivitas seseorang juga dipengaruhi oleh pola tidur. Bila tidur dengan cukup maka kemungkinan memiliki tingkat produktivitas yang maksimal. Maka dari itu tidur yang cukup dan bangun pagi adalah kunci utama.
  6. Membuat orang lebih sukses Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas menemukan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi pada GPA atau IPK mereka dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

Bangun pagi memang tidak mudah. Namun mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil, Anda bisa bangun pagi mulai dari sekarang agar tubuh menjadi lebih sehat dan semangat menjalani aktivitas sehari-hari. – Madu Ruqyah

Tanya ke WA