Madu dikenal luas sebagai salah satu makanan yang paling sehat bagi tubuh kita. Rajin mengonsumsi madu bisa membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga kita pun tidak mudah jatuh sakit.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa madu ternyata memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Islamic Establishment for Education yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab, disebutkan bahwa rajin mengonsumsi madu alami bisa membantu menurunkan kadar lemak di dalam darah kita. Bahkan, para partisipan yang mengonsumsi 75 gram madu alami selama 15 hari mengalami penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, serta kadar trigliserida dengan signifikan.

Kolesterol memang penting untuk beberapa fungsi organ manusia seperti untuk hormon dan juga membran sel. Akan tetapi, jika kadar kolesterol dalam darah tinggi, maka bisa meningkatkan resiko beberapa penyakit kronis seperti jantung yang menjadi penyakit mematikan nomor satu di dunia. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein [LDL] dan juga kolesterol baik atau high density lipoproteins [HDL] untuk memberihkan LDL berbahaya yang ada di dinding arteri. Untuk mengatasi kolesterol tinggi tersebut, anda bisa mengkonsumsi mdu alami yang sudah terbukti ampuh seperti Madu Ruqyah Syar’iyyah (MARSYA). Kenapa Anda harus mengkonsumsi MARSYA?

  1. Manis alami dan amat buat kesehatan
  2. Terkandung banyak kalori, asam-asam yang baik untuk tubuh
  3. Kecil resiko untuk terjangkit penyakit lain

Apa saja yang dapat MARSYA lakukan untuk penyakit kolesterol Anda?

  1. Menurunkan total kolesterol

Madu menjadi pilihan yang sangat sehat dan bukan termasuk obat untuk mengurangi kadar kolesterol. Dari sebuah penelitian memperlihatkan jika efek madu pada kolesterol yang di konsumsi sebanyak 70 gram selama 30 hari menunjukan jika terjadi penurunan kolesterol sebanyak 8 persen.

  1. Menurunkan total LDL

Dari sebuah studi juga memperlihatkan hasil yang baik dimana dalam dua penelitian yang dilakukan tidak menunjukkan penurunan LDL atau kolesterol baik saat mengkonsumsi madu ini. Namun, dalam The Cientific World Journal of Medicinal Food membuktikan jika kolesterol LDL mengalami penurunan hingga mencapai 11 persen dan ini menjadi sangat penting untuk tubuh.

  1. Menurunkan trigliserida

Madu juga menjadi asupan yang sangat sehat untuk menurunkan trigliserida, kolesterol dan juga glukosa dalam darah. Dalam sebuah percobaan pada 48 penderita diabetes yang mengkonsumsi madu selama 8 minggu menghasilkan penurunan berat badan, penurunan trigliserida dan juga kolesterol total namun menaikan HDL dalam tubuh yang meurpakan kolesterol baik untuk kesehatan organ tubuh.

Trigliserida darah yang mengalami peningkatan juga meningkatkan risiko penyakit jantung lainnya dan menjadi kunci dari resistensi insulin yakni pemicu diabetes tipe 2. Tingkat trigliserida yang semakin meningkat pada makanan yang tinggi gula dan juga karbohidrat olahan. Beberapa penelitian yang dilakukan menghubungkan tentang mengkonsumsi madu secara teratur bisa menurunkan kadar trigliserida tinggi dalam darah sehingga sangat baik di konsumsi sebagai pengganti gula.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Madu yang merupakan sumber antioksidan penting dalam tubuh juga sangat penting tidak hanya untuk kolesterol namun juga menurunkan tekanan darah yang menjadi faktor terjadinya penyakit jantung dan juga kolesterol tinggi dalam tubuh. Mengkonsumsi madu membuktikan penurunan tekanan darah sederhana yang tentunya juga berpengaruh terhadap berkurangnya kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kadar HDL

Apabila kadar kolesterol LDL dalam tubuh terbilang tinggi, maka berbagai penyakit kronis juga semakin meningkat sebagai contohnya jantung dan stroke. Selain itu, kadar kolesterol tinggi juga akan meningkatkan aterosklerosis yakni penumpukan lemak di arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung dan juga stroke. Akan tetapi, selain manfaat bekam untuk jantung, madu juga bisa memperbaiki kadar kolesterol yakni meningkatkan kadar kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik untuk tubuh.

Selain dengan mengonsumsi madu, kita juga harus mengubah gaya hidup secara keseluruhan. Sebagai contoh, ada baiknya kita mulai rajin berolahraga setiap hari. Tak perlu lama-lama, kita bisa melakukannya selama 30 menit saja. Kita bisa saja berjalan kaki atau melakukan jogging yang mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. mengonsumsi serat dengan lebih banyak dan menurunkan asupan daging-dagingan atau makanan berlemak, berhenti merokok, menjaga berat badan tetap ideal, serta menurunkan konsumsi alkohol.

 

Tanya ke WA