Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang bersih dan sehat. Tak heran jika mereka rutin melakukan perwatan kulit sendiri di rumah atau di klinik kecantikan. Sayangnya, banyak mitos-mitos tertentu yang dijadikan patokan merawat kulit wajah. Tapi, apa Anda sudah yakin kalau hal-hal tersebut merupakan fakta atau sekedar mitos saja?

Berikut tiga mitos perawatan kulit yang keliru dan harus Anda perhatikan.

  1. Jerawat timbul karena make up

Menggunakan makeup dapat memicu munculnya jerawat merupakan mitos. Kulit Anda memang bisa saja bermasalah seperti munculnya jerawat, namun hal ini biasanya karena pemilihan poduk yang tidak tepat dan tidak membersihkan makeup secara sempurna. Anda dapat tenang menggunakan makeup dengan menggunakan produk yang tepat, serta rutin membersihkannya setiap akan tidur di malam hari.

  1. Semakin tinggi SPF proteksi kulit semakin bagus

Salah satu mitos yang masih banyak dipercaya ialah, semakin tinggi kandungan SPF dalam tabir surya, maka akan semakin baik bagi kecantikan. Padahal, ukuran SPF tidak berpengaruh dalam memproteksi kulit Anda. Faktanya adalah kandungan SPF perlu disesuaikan dengan aktivitas yang kita lakukan contohnya saat beraktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan, berenang hingga aktivitas lainnya.

  1. Saat menua flek hitam di wajah akan muncul

Flek hitam akibat pigmentasi tidak selalu hadir saat Anda tua. Permasalahan kulit ini muncul bahkan lebih cepat karena kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen. Bahaya sinar matahari yang membuat flek hitam muncul pada kulit. Jika Anda rutin melindungi kulit dengan dengan sunscreen, flek hitam bisa dihindari.

  1. Lebih sering eksfoliasi makin bagus untuk kulit

Mitos lainnya adalah pemakaian produk eksfoliasi, yang biasanya digunakan untuk mengbersihkan sel-sel kulit mati. Banyak orang beranggapan lebih sering menggunakan produk eksfoliasi, maka semakin baik untuk kesehatan kulit. Padahal itu bisa over-exfoliate yang akan menimbulkan iritasi karena barrier (lapisan) kulit menghilang.

  1. Minum air putih membuat kulit tampal cerah

Banyak orang bilang, dengan minum air bisa mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam, sehingga kulit bisa tampak bersinar. Tapi, tidak cukup dengan air saja. Anda perlu memberikan sentuhan perawatan ekstra agar kulit terasa lebih lembap dan lebih sehat.

  1. Kulit kesat adalah kulit yang sehat

Begitu juga saat pembersihan wajah, umumnya orang percaya kulit yang terasa kesat setelah dibersihkan adalah kulit yang sehat. Fakta sebenarnya hal itu justru menandakan pembersih yang digunakan kurang tepat, karena dinilai telah mengikis kelembapan alami kulit.

Itulah beberapa mitos tentang kecantikan yang keliru. Pada hakikatnya, kecantikan dapat dijaga dengan baik bila kita rutin dan sayang terhadap tubuh kita. Semoga bermanfaaat.

 

 

 

Tanya ke WA